Google

Google

VIDEO

My Lovely Family

Isyarat Anak Kurang Perhatian

NAK adalah anugerah bagi orangtua, tapi apakah anak-anak yang terlibat dalam penggunaan narkoba bisa dikategorikan sebagai anak pemberi anugerah pada orangtua?

Tentu saja akan berbeda jika anak terlibat dengan pemakaian obat-obatan terlarang. Selain mengecewakan orangtua, anak-anak pengguna narkoba akan tampil sebagai anak yang egois atau mementingkan diri sendiri. Keegoisan anak itu menurut psikolog Paulus Hartanto karena anak kurang mendapatkan perhatian dari orangtua.

Karena merasa kurang diperhatikan, anak-anak mencari perhatian dengan melibatkan diri pada narkoba. Selain itu, anak-anak yang tidak bisa mengandalkan orangtua sebagai solusi pemecahan masalah yang dihadapi, lebih besar kemungkinan untuk lari ke narkoba. “Ada pula anak yang merasa dirinya lebih gaya maupun lebih cool di tengah teman-temannya ketika menggunakan narkoba, dan ini biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan,” kata Paulus Hartanto.

Lebih lanjut diterangkan Paulus, hal pertama yang harus diperhatikan orangtua agar mengetahui anaknya terlibat narkoba adalah dengan menyadari bahwa anak-anak mereka tidak mudah membuka rahasia. “Anak biasanya memiliki kecenderungan berbohong. Jika orangtua bertanya apakah si anak memakai obat, anak akan menyangkal, tapi kalau disudutkan dengan bukti-bukti anak akan berkata jujur,” sebut Paulus.

Tiga penyebab anak terjerumus menggunakan narkoba, menurut Paulus adalah, narkoba dianggap bisa memecahkan masalah yang dihadapi, narkoba untuk bersosialisasi lebih baik dengan teman dan untuk membuat dirinya lebih gaul dan dianggap tidak jagoan. “Kenali jenis kepribadian anak, apakah termasuk anak yang dominan, intim, gampang dipengaruhi atau stabil. Yang paling susah adalah anak-anak yang memiliki kepribadian yang mudah dipengaruhi,” kata Paulus.

Yang harus dilakukan orangtua dan langkah terbaik bagi anak-anaknya adalah, dengan memiliki orangtua yang bisa dijadikan sebagai panutan. Orangtua haruslah bisa berperilaku positif bagi anak.

Tidak ada komentar: